pemasaran
Pengertian Pasar Dan Pemasaran
Pasar
menurut sebuah buku yg saya baca adalah konsumen atau organisasi
perusahaan yg mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai
permintaan terhada barang atau jasa. Sedangkan berdasarkan kesimpulan yg
saya ambil pasar adalah tempat bertemunya pennjual dan pembeli yang
melakukan transaksi jual beli baik abarang ataupun jasa.
Sedangkan
pengertian pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk menjalankan bisnis
baik profit maupun nonprofit guna memenuhi kebutuhan pasar dengan
barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikan melalui pproses pertukaran agar memuaskan konsumen dan
mencapai tujuan perusahaan.
Jenis-Jenis Pasar
Berikut ini adalah arti definisi atau pengertian dari aneka jenis dan macam pasar yang ada :
1) Pasar Barang
Pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang. Pasar barang dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yakni :
a) Pasar Barang Nyata / Riil
Pasar
barang nyata adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang
bentuk dan fisiknya jelas. Contohnya adalah pasar kebayoran lama, pasar
senen, pasar malam, pasar kaget, dan lain-lain.
b) Pasar Barang Abstrak
Pasar
barang abstrak adalah pasar yang menjual produk yang tidak terlihat
atau tidak riil secara fisik. Contoh jenis pasar ini adalah pasar
komoditas / komoditi yang menjual barang semu seperti pasar karet, pasar
tembakau, pasar timah, pasar kopi dan lain sebagainya.
2) Pasar Jasa / Tenaga
Pasar
jasa adalah pasar yang menjual produknya dalam bentuk penawaran jasa
atas suatu kemampuan. Jasa tidak dapat dipegang dan dilihat secara fisik
karena waktu pada saat dihasilkan bersamaan dengan waktu
mengkonsumsinya. Contoh pasar jasa seperti pasar tenaga kerja, Rumah
Sakit yang menjual jasa kesehatan, Pangkalan Ojek yang menawarkatn jasa
transportasi sepeda motor, dan lain sebagainya.
3) Pasar Uang dan Pasar Modal
a) Pasar Uang
Pasar
Uang adalah pasar yang memperjual belikan mata uang negara-negara yang
berlaku di dunia. Pasar ini disebut juga sebagai pasar valuta asing /
valas / Foreign Exchange / Forex. Resiko yang ada pada pasar ini relatif
besar dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, namun demikian
keuntungan yang mungkin diperoleh juga relatif besar. Contoh adalah
transaksi forex di BEJ, BES, agen forex, di internet, dan lain-lain.
b) Pasar Modal
Pasar
Modal adalah pasar yang memperdagangkan surat-surat berharga sebagai
bukti kepemilikan suatu perusahaan bisnis atau kepemilikan modal untuk
diinvestasikan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Contohnya
seperti saham, reksadana, obligasi perusahaan swasta dan pemerintah, dan
lain sebagainya.
Konsep-Konsep Inti Pemasaran
Konsep
inti pemasaran dipercaya oleh perusahaan sebagai dasar dari setiap
kgiatannya untuk melayani konsumen yaitu sebaga berikut :
1) Konsep Produksi
Adalah
anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi (internal)
banwa konsumen hanya akan membeli produk-produk murah. Dengan demikian
fokus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efesiensi biaya
(produksi san distribusi) agar dapat menjual barang dengan murah kepada
konsumen.
2) Konsep Produk
Adalah
anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang
berkualitas atau berpenampilan menarik. Dengan demikian tujuan bisnis
perusahaan adalah pengendalian kualitas.
3) Konsep Penjualan
Adalah
anggapan pemasar yang berorientasi kepaada tingkat penjualan (internal)
bahwa konsumen perli dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat
sehingga tercapai profit maksimum sebaga tujuan perusahaan.
4) Konsep Pemasaran
Adalah
anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa
konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang mamou memenuhi
kebutuhan dan memberikan kepuasan.
5) Konsep Pemasaran Yang Memasyarakat (sosial)
Adalah
anggapan bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-[roduk yang mampu
memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen.
Tujuan kegiatan peusahaan adalah disamping beusaha memenuhi kebutuhan
masyarakat juga memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat untuk
peningkatan kesejahteraan.
Manajemen Pemasaran
Manajemen
Pemasaran adalah salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh
perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk
berkembang, dan untuk mendapatkan laba.
Secara
definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
perusahaan (Kotler, 1980).
Keadaan
permintaan tergantung denga pasar yanh disediakan apabila pasar yang
disdiakan diminati oleh konsumen pasti akan aku dan sebaliknya.
Tugas Pasar yaitu:
· Memproduksi
· Memasarkan
· Menjual
Falsafah Terdapat 5 falsafah/pedoman yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan aktivitas pemasaran, yaitu:
· Production Concept
Konsumen lebih menyukai produk yang tersedia secara luas dan murah harganya
· Product Concept
Konsumen menyukai produk produk yang menawarkan kualitas, dan kinerja terbaik, serta fitur fitur yang inovatif
· Selling Concept
Konsumen
dan pebisnis hanya akan membeli produk yang melakukan usaha usaha
pemasaran yang aktif. Konsumen tidak akan membeli jika tidak ada usaha
pemasaran yang gencar
· Marketing Concept
Kunci
pencapaian sasaran organisasi adalah seberapa efektif suatu perusahaan
dalam menciptakan, menyampaikan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan
yang lebih superior kepada target pasarnya disbanding dengan pesaingnya
Bauran Pemasaran
bauran
pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan
pemasaran dalam pasar sasaran.
Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:
1) Product
(produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk
dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari
product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes,
services, warranties, and returns.
2) Price
(harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk
atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount,
allowance, payment period, credit terms, and retail price.
3) Place
(tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat
meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations,
inventory, and transport.
4) Promotion
(promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan
dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi
antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation,
and direct marketing.
variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
a) Advertising,
yaitu semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau
jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b) Sales promotion, yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk dan jasa.
c) Public
relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk
mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk
individual yang dihasilkan.
d) Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
e) Direct
marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk
mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat
dilakukan dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung
nonpersonal lain.
Tujuan sistem pemasaran
Sistem
adalah sekolompok item atau bagian-bagia yang saling berhubungan dan
saling berkaitan secara tetap dalam membentuk satu kesatuan terpadu.
Jadi dapat diartikan sistem pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga
yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan
faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk
serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya..
Ada empat alternatif dari sistem pemasaran yaitu :
1) Memaksimumkan Konsumsi Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan
2) merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan
3) kemakmurkan maksimum Memaksimumkan Kepuasan konsumen
4) Tujuan
sistem pemasaran lain adalah memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan
konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan konsumen tidak mudah ; belum adanya
tolak ukur kepuasan dari produk pada individu, kepuasan dari produk atau
jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan dari pencemaran lingkungan,
kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari sedikitnya orang lain
memiliki barang tersebut. Memaksimumkan Mutu Hidup
Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
1) Pendekatan Seba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu :
pembelian,
pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan
resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.
2) Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang, dll.
3) Pendekatan Serba barang (Pendekatan OrganisasiIndustri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.
4) Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
Sumber :
Budiarto,teguh, dasar pemasaran,seri diktat kuliah,1993
(http://organisasi.org/macam_dan_jenis_pasar_dalam_ekonomi_indonesia_pasar_barang_pasar_jasa_tenaga_serta_pasar_uang_modal_ilmu_ekonomi_pasar)
(http://datakuliah.blogspot.com/2009/11/falsafah-manajemen-pemasaran-dan.html)
(ttp://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-konsep-definisi-pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar